Pengemasan Dan Pengawetan Produk Kerajina Tekstil

Pengemasan Dan Pengawetan Produk Kerajina Tekstil

Pengemasan produk hasil kerajinan selain menjaga kebersihan dan kualitas produk tetap baik, juga akan memudahkan dalam proses pengiriman produk. Pengemasan dapat bersifat satuan maupun bersifat kesatuan untuk satu set atau satu paket atau satu lusin maupun satu kodi. Teknik pengemasan yang baik akan menjaga kualitas produk dalam pengiriman ke tempat tujuan.

Pengawetan Tekstil

Aneka bentuk produk kerajinan tekstil atau kain tradisional Indonesia, beberapa di antaranya membutuhkan pengawetan khusus. Pada umumnya, kain tradisional Indonesia sebelum di simpan dalam lemari, tiap lembar kainnya dibungkus dengan menggunakan kertas roti dan diberi kamper agar kain tradisional terlindungi dari gigitan rayap dan tidak mudah rapuk.

Penjemuran Kain

Secara berkala kain-kain tersebut harus dikeluarkan dari pembungkusnya supaya tidak lembab dengan cara mejemurnya di tempat yang tidak mendapat terik matahari secara langsung. pencucian bagi kain-kain tenun cukup di rendam dalam iar suam-suam kukuu dan dijemur ditempat teduh.

Kain batik dicuci

Kain batik dicuci denga menggunakan buah lerak agar warna kain batik tetap terjaga. Kain dibilas dengan air bersih dan dijemur ditempat teduh. Benda-benda lain yang menggunakan kain tradisional namun sudah dibentuk dan berfungsi selain kain dapat dicuci biasa baik dengan menggosok menggunakan tangan maunpun dengan menggunakan mesin cuci. Keterangan cara pengawetan produk kerajinan tekstil sebaiknya juga dicantimkan pada kemasan agar pembeli mendapat informasi yang tepat untuk merawat produk tekstil tersebut.